Mojokerto City

Kota Mojokerto adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 50 km barat daya Surabaya. Mojokerto merupakan kota Penyangga utama Ibu kota Provinsi Jawa timur. Kota ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dilihat dari penerimaan asli daerah setiap tahun mengalami peningkatan. Kota Mojokerto merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam kawasan metropolitan Surabaya, yaitu Gerbangkertosusila. sekarang ini ada Tol Surabaya-Mojokerto dengan adanya Tol tersebut maka Perkembangan Kota Mojokerto semakin mengalami Perkembangan yang sangat pesat. Wlilayah Kota Mojokerto berbatasan langsung dengan kabupaten Mojokerto.

Pembentukan Pemerintah Kota Mojokerto diawali melalui status sebagai staadsgemente, berdasarkan keputusan Gubernur Jendral Hindia Belanda Nomor 324 Tahun 1918 tanggal 20 Juni 1918.
Pada masa Pemerintahan Penduduk Jepang berstatus Sidan diperintah oleh seorang Si Ku Cho dari 8 Mei 1942 sampai dengan 15 Agustus 1945.
Pada zaman revolusi 1945 – 1950 Pemerintah Kota Mojokerto di dalam pelaksanaan Pemerintah menjadi bagian dari Pemerintah Kabupaten Mojokerto dan diperintah oleh seorang Wakil Walikota disamping Komite Nasional Daerah.
Daerah Otonomi Kota Kecil Mojokerto berdiri berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1950, tanggal 14 Agustus 1950 kemudian berubah status sebagai Kota Praja menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1957.
Setelah dikeluarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1965 berubah menjadi Kotamadya Mojokerto. Selanjutnya berubah menjadi Kotamadya Daerah Tingkat II Mojokerto berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1974.
Selanjutnya dengan adanya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999, tentang Pemerintahan Daerah, Kotamadya Daerah Tingkat II Mojokerto seperti Daerah-Daerah yang lain berubah Nomenklatur menjadi Pemerintah Kota Mojokerto.

Mojokerto pernah menjadi sebuah kawedanan dengan Asisten Wedana Bapak Supardi Brototanoyo. Perkembangan selanjutnya Bapak Supardi Brototanoyo menjadi Wedana dan terakhir menjadi Walikota Mojokerto pada saat itu.

KESENIAN MOJOKERTO

Disini saya akan mengenalkan keunikan kota saya yang pertama ada seni bantengan. Kesenian rakyat Bantengan berasal dari Kecamatan Pacet tepatnya di desa Made yang dahulunya merupakan desa yang berdekatan dengan lereng Gunung Welirang. Konon kawasan hutan tersebut banyak hidup bermacam-macam hewan liar termasuk diantaranya Banteng yang saat ini sudah punah. Pada saat itu, seorang penduduk desa Made yang bernama Paimin tengah memasuki hutan dan mendapatkan seonggok kerangka Banteng yang masih lengkap. Kerangka Banteng itu dengan susah payah dibawah pulang dan dibersihkan kemudian ditempatkan di salah satu tempat rumahnya. Dari kejadian itu Paimin mendapat inspirasi untuk mengenang satwa Banteng dengan sebuah atraksi Atraksi itu dimainkan dua orang, 1 orang didepan memainkan kepala dan sekaligus sebagai kaki depan dan 1orang dibelakang sebagai pinggul sekaligus sebagai kaki belakang. Antraksi gerakannya menggambarkan, gerakan – gerakan dan sikap banteng sewaktu sedang berkelahi. Untuk menyemarakkan atraksi itu dilengkapi dengan musik terbang dan jidor. Dalam atraksi ditampilkan banteng sedang berlaga dengan satwa lain seperti harimau, kera dab burung bahkan mulai dikembangkan dengan kesenian pencak silat dan barongsai. Begitulah cerita singkat seni Bantengan! Ada juga sebenarnya seni grebeg, tingkepan, adat bulan dan lain- lain.

MAKANAN KHAS MOJOKERTO

Salah satu makanan dan jajanan yang menjadi khas Kota Mojokerto adalah onde-onde, ya, makanan yang satu ini sudah banyak beredar hampir di seluruh penjuru Indonesia. Kamu pasti sudah pernah mencobanya bukan?

Onde – onde

Onde-onde sendiri adalah makanan khas Mojokerto yang terbuat dari tepung ketan yang membentuk seperti bola, onde-onde di dalamnya berisi kacang hijau. Pada bagian luarnya onde-onde ditaburi wijen dan sangatlah pas jika dihidangkan saat masih hangat.

Kerupuk Rambak

Makanan khas Mojokerto selanjutnya adalah kerupuk rambak, kerupuk rambak paling banyak dihasilkan dari Desa Doas, Kecamatan Trowulan dan Desa Kauman, Kecamatan Bangsal. Kerupuk rambak ini cocok buat menemani perjalanan kamu ketika bepergian. Kerupuk rambak adalah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi yang sudah dikeringkan terlebih dahulu lalu diolah dan dijadikan kerupuk.

Kerupuk rambak ini banyak di jual di pinggir jalan, kalau kamu ingin membeli kerupuk rambak ini sebaiknya didampingi oleh teman yang sudah berpengalaman.Tidak mudah membedakan mana kerupuk rambak yang enak dan sudah basi, jadi agar kamu tidak kecewa nantinya pastikan kamu memilih warung dan waktu yang tepat untuk membeli kerupuk rambak ini.

Kerupuk Upil

Nah, satu lagi kerupuk yang menjadi makanan khas Mojokerto yaitu kerupuk upil, kerupuk yang satu ini bukanlah kerupuk yang berbahan utama upil (kotoran hidung). Masa iya kotoran hidung dijadikan sebagai makanan lagi. Disebut dan diberi nama kerupuk upil karena pada proses penggorengan atau pematangan

MINUMAN KHAS MOJOKERTO

Gronjongan

Es gronjongan majapahit merupakah salah satu minuman khas mojokerto yang sampai saat ini keberadaannya dan kepopularannya masih meningkat. Es gronjongan majapahit ini sangat laku dan sangat banyak diminati pembeli saat bulan Ramadhan, karena es gronjongan majapahit sangat pas untuk berbuka puasa.

Es gronjongan ini dijadikan minuman khas Mojokerto karena sudah ada sejak dahulu, biasanya isi es gronjongan majapahit ini ada agar-agar yang sudah dipotong kotak-kotak, santan yang sebelumnya direbus dengan daun pandan, sirup, dan es batu. minuman khas Mojokerto ini bisa dijadikan sebagai minuman penutup.

Siapa yang menyangka bahwa es cendol yang banyak diketahui berasal dari Ibu Kota Jawa Barat (Bandung) ternyata dijadikan minuman khas Mojokerto. Masyarakat Mojokerto yang suka dengan rasa manis yang ada pada es cendol menjadikan es cendol sebagai minuman Khas Mojokerto.

Es Cendol

Alasan lain mengapa es cendol dijadikan sebagai minuman khas Mojokerto adalah, munculnya atau keberadaanya yang sudah ada sejak lama. Es cendol khas Mojokerto hampir sama dengan es cendol yang ada di Kota Bandung, hanya saja yang membedakan penyajiannya.

Itulah beberapa makanan dan minuman khas Mojokerto yang terkenal dan populer di Indonesia. Gimana pasti menarik untuk di coba dan rasakan kenikmatan nya bukan? Ya bagi kamu yang tinggal di Jawa Timur jangan ragu dan pusing untuk menjelajahi kuliner Jawa Timur.

http://ariniyblog-only.blogspot.co.id/2013/02/wisata-seni-tradisi-dan-budaya.html

Makanan Khas Mojokerto Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *